Setelah menciptakan sebuah blog, pikiran pertama yang terlintas dalam kepala Anda adalah bagaimana cara mendapatkan pengunjung yang banyak? Ya, pengunjung merupakan aset yang berharga bagi seorang blogger. Sebenarnya apa tujuan kita menulis? Apa tujuan kita membuat blog? Kedua pertanyaan tersebut Anda lontarkan semata-mata kita menulis untuk berbagi. Kita menciptakan blog juga untuk berbagi. Jadi ada kalanya jika Anda ingin mendapatkan pengunjung, hal yang harus Anda perhatikan adalah memikat hati para pengunjung.

Kriteria blog yang digemari oleh pengunjung.
Image: http://mohammadrobih.blogspot.com/
Pertama, Anda harus tahu apa saja kriteria blog yang disukai pengunjung. Ini juga bisa Anda analisis berdasarkan pengalaman pribadi. Maksudnya, cobalah mengunjungi blog orang lain. Cari tahu apa saja yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak nyaman. Saat itu, posisi Anda adalah sebagai pengunjung. Jadi gunakan bahan pelajaran apa saja yang perlu Anda terapkan pada blog Anda. Atau mungkin, Anda bisa mencoba ke lima poin berikut:

1. Artikel berkualitas.
Berbicara soal konten, sudah jelas ini yang nomor satu. Apa tujuan orang mengunjungi sebuah blog selain membaca artikel? Orang akan merasa puas jika ia telah mendapatkan apa yang ia cari. Lalu bagaimana menulis konten yang demikian? Setiap orang beda pemikiran. Jadi itu semua hanya Anda yang menentukan. Menulis itu layaknya makan saat kelaparan. Itu adalah keharusan, bukan tuntutan. Jadi, menulis artikel itu bebas. Asalkan pembaca merasa puas dengan apa yang telah ia baca. Saya rasa itu sudah cukup.

2. Loading blog ringan.
Jangan salah. Pengunjung akan resah jika loading suatu blog sangat parah. Jadi jangan kaget apabila mereka menekan tombol close begitu saja. Ini jelas akan merugikan Anda. Selain kehilangan pengunjung, Anda juga mendapat hadiah angka bounce rate yang tinggi. Blog dengan loading yang ringan, jauh lebih disukai dari pada blog yang lola. Biasanya ini dipengaruhi oleh template, iklan, serta widget yang kurang penting.

3. Design sederhana plus elegan.
Carilah template dengan design yang elegan dan sederhana (tidak neko-neko). Penampilan adalah hal yang paling nampak. Katakanlah sebuah rumah. Anda bisa mengatakan rumah itu indah atau jelek hanya dengan melihatnya saja. Ya, sama halnya dengan blog. Untuk itu jangan sakiti mata pembaca Anda agar mereka nyaman membaca di blog Anda. Design yang menyiksa sering saya temui pada blog ber-temakan hacker. Disana perpaduan warna antara background dengan font sangat kontras, seolah-olah ingin menyiksa mata. (hijau dengan hitam)

4. Konten yang up to date.
Masih seputar konten. Pada poin pertama, sudah saya jelaskan bahwa orang mengunjungi sebuah blog karena ingin membaca. Jadi, dengan artikel yang baru setiap hari (kalau bisa) pembaca bisa lebih lama menikmati tulisan baru yang Anda sajikan.

5. Admin yang ramah.
Jadilah admin yang ramah dan bijaksama. Memang terdengar susah. Anda bisa mengawalinya dengan menjalin pertemanan antar blogger atau rajin membalas komentar yang masuk.

Kesimpulan:
Setelah Anda membaca ke lima poin diatas, ada baiknya mulai sekarang Anda perhatikan apa saja kriteria dasar blog yang disukai pengunjung. Dengan begitu, lambat laun pengunjung blog Anda juga akan semakin meningkat.
 
Top