Pernahkah Anda mendengar istilah SEO? Setelah terjun kedalam dunia blogger, ada banyak kata atau istilah-istilah baru. Sebagian besar seorang blogger, banyak yang membicarakan mengenai SEO. Ya, sebenarnya apa sih SEO itu? Seberapa penting peran SEO untuk suatu web/blog? Nah, agar lebih detail, mari kita bahas bersama-sama.
Pengertian SEO
Image: http://jasaseo.net/
Pengertian SEO.
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Artinya, kita akan mengoptimasi postingan/blog kita sehingga menempati posisi teratas pada mesin pencari. Jadi, pada dasarnya bukan hal yang tidak mungkin jika SEO dikatakan tidak penting. Untuk belajar optimasi SEO, saya sarankan Anda belajar langsung pada pakarnya (Master SEO)

Manfaat SEO.
Untuk para pebisnis online. Khususnya online shop. Tidak ada salahnya untuk mengoptimasi website Anda. Dengan menerapkan ilmu SEO, Insya Allah penjualan Anda juga akan meningkat. Mengapa? Katakanlah saya ingin membeli laptop thosiba secara online. Kemudian saya membuka internet dan menuliskan kata kunci "laptop thosiba murah" di mesin pencari google. Setelah itu, google akan menunjukkan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang saya tulis. Kemudian saya membuka website yang ada di urutan teratas. Terakhir, saya akan memilih dan membeli laptop thosiba dari website tersebut. Dan hasilnya, barang Anda laku terjual.

Sedangkan, untuk blogger biasa, optimasi SEO juga diperlukan untuk mendatangkan trafik yang tinggi. Kecuali blog diary. Selain mendatangkan trafik, juga mendatangkan uang. Maksudnya bagaimana? Jika Anda bergabung dengan jaringan PPC, otomatis jumlah klik iklan juga sangat berpengaruh. Logikanya begini, jika pengunjung meningkat, maka klik juga akan meningkat. Rumus: Pengunjung + klik = uang.

Kekurangan.
Sebenarnya ini hanya tambahan saja. Kenapa? Saat ini banyak blogger yang gila bermain SEO. Ya, mereka terus mengoptimasi blognya agar cepat menempati posisi yang diinginkanya. Begitu juga dengan saya. Padahal, optimasi yang berlebihan (over optimization) sangat tidak baik dilakukan. Jika ini terus dilakukan, cepat atau lambat blog kita akan ditendang oleh Google. So, pertimbangkan baik-baik.

Kesimpulan:
Setelah memahami pengertian dan manfaat SEO, sekarang saatnya Anda melakukan optimasi web/blog Anda. Bagaimanapun juga, peran SEO sangat diperlukan demi kesuksesan sebuah blog. Dan jangan lupa mengikuti pedoman SEO yang benar (White Hat SEO.)
 
Top