Meluncur sebagai seorang blogger, saya rasa Anda sudah mengenal istilah visitor dan pageview. Kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Meskipun keduanya sudah terlihat berbeda, buktinya saya sering menemui sobat blogger yang bilang "Pengunjung saya hari ini 1000" Padahal,
 yang ia lihat berasal dari grafik yang ada di dashboard blogger. Sebenarnya jika kita perhatikan, grafik yang ditayangkan pada dashboard blogger adalah grafik penayangan laman, bukan jumlah pengunjung. Agar lebih jelas, mari kita ulas bersama-sama.
Visitor dan pageview berbeda.
Image: http://pesandesign.com/
Kata visitor jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti pengunjung. Berarti, visitor adalah orang yang mengunjungi blog kita.
Beda lagi dengan pageview. Pageview adalah laman yang di buka atau ditayangkan pada suatu blog. Dengan kata lain, visitor dan pageview selalu terlibat dalam waktu yang bersamaan. Lebih detailnya perhatikan contoh berikut.

Suatu hari, blog A kedatangan 200 pengunjung. Kemudian masing-masing pengunjung membuka 2 halaman dari blog tersebut. Maka bisa kita simpulkan bahwa jumlah pengunjung blog A adalah 200. Sedangkan pageview atau penayanganya adalah 400 (200x2=400)

Lalu, seperti apa blog yang bagus? Visitor yang banyak, atau pageview yang banyak?

Mengingat keduanya sangat penting. Maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mencari pengunjung. Kenapa? Karena tanpa pengunjung, pageview tidak berlaku. Jadi kunci utamanya adalah pengunjung. Sedangkan untuk pertanyaan lebih bagus mana pengunjung yang banyak atau pageview yang banyak, saya rasa, saya lebih memihak lebih bagus visitor yang banyak. Kenapa? Sama seperti tadi, bahwa memiliki jumlah pengunjung yang tinggi otomatis pageview juga ikut meningkat.

Bagaimana cara mendapatkan pengunjung yang banyak?

Modal awal yang harus Anda miliki adalah bersabar dan tetap konsisten dalam menulis. Semakin Anda rajin update, semakin cepat Anda mendapatkan pengunjung. Selain rajin menulis, ada baiknya di bumbui dengan optimasi white hat SEO. Kenapa harus white hat SEO? Anda sebaiknya telah menentukan jalur mana yang akan Anda tempuh untuk bermain SEO. Salah memilih jalur akan berdampak besar bagi kelangsungan blog Anda di kemudian hari. Memilih jalur white hat jauh lebih aman ketimbang black hat SEO.

Setelah kita bahas bersama, akhirnya kita bisa tahu bahwa visitor dan pageview memiliki definisi yang berbeda. Sebenarnya postingan seperti ini lebih cocok bagi blogger pemula yang ingin belajar lebih dalam mengenai dunia blogger.
 
Top