Setelah sukses menciptakan sebuah blog. Yang terlintas dalam pikiran Anda saat ini adalah bagaimana cara mengganti tema tampilan/template blog? Ya, pertanyaan semacam itu sangat penting untuk penampilan blog Anda kedepanya. Nah, jika Anda ingin blog Anda dipenuhi pengunjung, jangan sungkan untuk mendandani tampilan blog Anda agar tampak cantik dan menarik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan template yang elegan dan mudah dinavigasi.

Saya tidak bisa membuat template. Apa yang harus saya lakukan?
Tenang, bukan ini yang saya maksud. Anda tak perlu pusing memikirkan persoalan ini. Membuat template bukanlah perkara yang mudah. Saat ini, banyak situs-situs yang menyediakan template blogger secara cuma-cuma (Gratis). Anda hanya perlu meluncur dan mencari template yang menurut Anda cocok untuk digunakan. Anda bisa mencari di google dengankata kunci "dowload template blog gratis"

Setelah menemukan template yang cocok untuk Anda, sekarang saatnya untuk menerapkanya. Biasanya, template yang telah Anda unduh masih dalam bentuk archive (rar, zip, dan lain sebagainya.) Berikut panduan memasang template di blogger.

1. Siapkan template yang ingin Anda terapkan.
2. Jika template masih berupa rar atau zip, ekstrak sampai Anda mendapati file dengan format .xml
3. Login kedalam blog Anda.
4. Klik bagian template.
5. Pilih cadangkan/pulihkan.
Pilih cadangkan atau pulihkan.6. Pilih unduh template lengkap *optional
7. Klik unggah kemudian cari file template yang telah Anda siapkan.
Klik unggah setelah memasukkan file template.
8. Klik upload.
9. Selesai.

Keterangan:
*optional : Boleh dilakukan boleh juga tidak dilakukan. (Disarankan untuk dilakukan.) Pada panduan nomer 6 bertujuan untuk mem-backup template lama Anda agar sewaktu-waktu bisa Anda kembalikan lagi.

Update:
Bagaimana jika template ber-format .txt?
1. Login kedalam blog Anda.
2. Pilih template.
3. Klik edit HTML.
4. Blok dan hapus semua kode didalamnya.
5. Paste kode template baru yang ingin Anda gunakan.
6. Simpan perubahan.

Bagaimana? Cukup mudah untuk dilakukan. Sentuhan akhir yang biasa dilakukan adalah mengedit pada bagian kategori berdasarkan menu yang ingin Anda sajikan. Selamat mencoba.
 
Top